Thursday 12 June 2008

RAHASIA BESAR SUKSES DARI GOOGLE

RAHASIA BESAR SUKSES DARI GOOGLE

Google Adsense sebuah fenomena — kalau bisa dibilang begitu — yang membuat mimpi orang melambung. Punya mobil mewah, rumah, atau setidaknya punya uang dengan cara gampang. Lalu bagaimana mendatangkan uang instan dengan Google Adsense?

Kalau Anda orang yang berpikiran instan, sebaiknya tinggalkan halaman ini. Tidak usah melanjutkan membaca artikel ini. Lo kok? Ya, tidak ada cara instan di dunia ini. Kalaupun (mungkin) ada, semua itu sifatnya sementara.

Ok, bagi yang ingin melanjutkan, kaya atau setidaknya mendapat penghasilan dari internet atau yang paling terkenal sekarang adalah Google Adsense (GA) adalah sangat mungkin. Namun, tak ada cara instan untuk itu. Indonesia sendiri memiliki banyak publisher Adsense yang sukses. Contohnya Cosa Aranda, si masterpiece yang bergabung dalam adsense-id.com , sebuah forum bagi adsenser Indonesia.

Ketika akan menulis postingan ini saya mencoba mencari di Google dengan kata kunci Mendatangkan Uang dari Google Adsense , yang muncul di halaman pertama kebanyakan menulis soal Rahasia dan cara instan untuk mendatangkan uang dari GA. Saya rasa, tidak pernah ada rahasia soal itu. Kalaupun ada, mungkinkah itu cara-cara curang, yang kalau ketahuan oleh Google akan menyebabkan account di disable. Saya sangat setuju dengan pernyataan Cosa

“Salah satu pertanyaan yg acap diajukan oleh rekan2 publisher dan seringkali membuat saya bingung adalah mengenai trik2 rahasia di AdSense. Bukannya ragu untuk mempublikasikan rahasia, tapi karena bagi saya tidak ada rahasia satu pun di dalam ber-AdSense.”

Dan untuk mengetahui tekhnik-tekhnik dasar untuk mendapat uang dari GA, silahkan baca halaman yang berisi pernyataan tersebut, disini.

Ada satu cara yang mungkin saya harus garis bawahi dari tekhnik standar tersebut yakni membuat tampilan iklan Adsense Anda menyatu dengan konten web atau Blog Anda — istilahnya — Blended –. Bagi pemilik web yang trafik webnya kecil sebaiknya menghindari menggunakan tehknik ini. Alasannya; Google memiliki perhitungan tersendiri yang akan membandingkan jumlah pengunjung dengan jumlah klik iklan. Jika dianggap mencurigakan atau tidak cocok kemungkinan account di blok (IMO). Jadi sebaiknya hindari penggunaan tekhnik ini sebab bisa meningkatkan peluang account di disable, karena pengunjung web atau blog Anda mengira itu link dari web Anda.

Selain tekhnik yang dijelaskan di blognya Cosa, mungkin ada baiknya Anda berusaha untuk meningkatkan trafik ke situs Anda.

Dengan asumsi Anda belum memiliki blog atau web, berikut triknya :

  1. Sabar (it’s a must, sebuah keharusan)
  2. Memiliki waktu dan biaya cukup untuk akses internet
  3. Buatlah account di blogger.com atau beli domain untuk membuat blog atau web
  4. Sebelum membuat blog atau web (sebaiknya blog karena lebih SEF), tentukan terlebih dahulu kata kunci yang Anda ingin sasar. Gunakan bantuan dari inventory untuk menemukan kata kunci yang terkait dengan target Anda.
  5. Sebaiknya situs itu memiliki target pasar yang spesifik– Niche Market–. Contoh ; Bicara soal gadget, didalamnya ada Handphone, Komputer, dan lain-lain. Pilih satu dari sekian jenis itu. (itu untuk tahap pertama). Yang bisa dilanjutkan dengan membuat blog dengan niche market berbeda, jika situs pertama telah sukses.
  6. Pilih nama domain yang sesuai dengan kata kunci target, panduannya disini
  7. Design Web-nya dengan simpel, tak perlu menerapkan banyak animasi, bila perlu jangan.
  8. Perhatikan penggunaan tag H1, H2, H3, dstnya
  9. Perhatikan juga penggunaan meta tag, meski google tak memperhatikan ini, tapi search engine kecil masih memerlukannya.
  10. Perhatikan juga penggunaan keyword dalam sebuah artikel agar tak terlalu berlebihan.
  11. Manfaatkan cetak tebal, miring, garis bawah dan sebagainya untuk kata kunci pada artikel yang Anda tulis di situs.
  12. Usahakan konten situs Anda unik (tidak asal kopi paste). Meskipun sebenarnya banyak publisher Adsense yang menerapkan kopi paste, tapi kebanyakan dari mereka merangkai kembali kalimat didalamnya. Upayakan untuk menggabungkan konten hasil kopi paste itu dengan konten dari sumber lain.
  13. Update situs secara rutin.
  14. Submit sitemap situs Anda ke google dan ke Yahoo.
  15. Manfaatkan layanan social bookmark (digg, furl, spurl, lookmark, etc)
  16. Tag konten situs Anda ke engine submission (pingoat, pingomatic, etc)
  17. Rajin- rajin tukar link dengan situs sejenis.

Ketujuh belas hal simpel itu setidaknya telah mampu meningkatkan kunjungan ke situs Anda. Dan saya rasa, cara itu tak hanya untuk mendapatkan uang dari GA. Tapi juga cukup efektif untuk meningkatkan fungsi web komersil Anda. Dan hal inipun secara tidak langsung telah menjawab bahwa mitos memiliki website, berarti usaha kita akan dikenal dan langsung bisa menjual produk secara online.
Jadi kesimpulannya, tidak pernah ada cara gampang untuk dapat uang. Semua perlu usaha dan waktu. Jikapun ada yang bilang bisa dengan cepat, jangan langsung menutup diri, coba telusuri cara-cara mereka. Apakah dilakukan dengan jujur atau cara curang.

No comments: